Bantuan Teknis Penataan dan Perbaikan Konstruksi Jalan di RT 8 RW 6 Penanggungan

Warga RT 8 RW 6 Kel. Penanggungan mendapatkan bantuan perbaikan jalan dari program Pengabdian pada Masyarakat (PKM) dosen Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang.

Disampaikan oleh Ketua RT 8, Sujono, program ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2023, bertempat di gang di depan Masjid Irsyadul Qodir RT 08 RW 06.

Sementara itu Marjono, ST.MT., dosen yang melaksanakan kegiatan ini, menjelaskan bahwa PKM ini menggunakan metode “Partisipatif” yang mana dalam merumuskan dan menetapkan objek kegiatanya melibatkan masyarakat. Dalam hal penentuan objek didasarkan pada hasil kesepakatan dengan warga (diwakili pihak RT 08 RW 06).

Metode yang dilakukan didasarkan pada hasil observasi di lokasi yaitu melakukan penataan bentuk geometric perkerasan jalan, menentukan bahan konstruksi perkerasan jalan, yaitu RCC (Roller Compacted Concrete), menentukan prosedur pelaksanaan yang terkait dengan tahapan proses pelaksanaan yang mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Marjono, dkk. pada Tahun 2021.

Hasil penilaian pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ditunjukkan pada hasil kuesioner yang menyatakan masyarakat sangat puas dan menyatakan kegiatan ini sangat membantu prasarana di pemukiman, dan dapat memperlancar akses warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.