Kebersamaan KIM dalam “Kesatuan Indonesia Merdeka” Forum KIM Kota Malang

Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Malang ikut memeriahkan kemerdekaan RI dengan mengadakan kegiatan bertajuk “Kesatuan Indonesia Merdeka” pada Minggu (03/09/2023) siang di SMA Taman Madya Kota Malang.

Event yang diikuti perwakilan KIM se-kota Malang ini berisi beberapa kegiatan diantaranya capacity building anggota KIM khususnya mengenai bagaimana mengangkat pariwisata di wilayah, fun game, dan lomba video pendek.

Sekretaris Forum KIM Kota Malang Andri Wiwanto menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu menjelaskan kembali mengenai peran Forum KIM kota, yaitu membantu melakukan pembinaan pada KIM di kelurahan. Tujuan lainnya adalah mengguyubkan, mempererat jalinan silaturahmi antar peserta, serta mengajak kelurahan yang belum memiliki KIM untuk segera membentuk.

Hal senada disampaikan oleh Pantjawati Yustikarini, ketua Forum KIM Kota Malang yang hadir secara virtual melalui video rekaman, dan menambahkan harapannya agar dengan kegiatan ini dapat mengembalikan eksistensi dibentuknya KIM di kota Malang sekaligus menjalin kebersamaan, meningkatkan kreatifitas, kapabilitas dan kompetensi masing-masing.

Hadir sebagai narasumber, Siswantoro (praktisi pariwisata Malang) yang memberikan tip/trik untuk mengangkat pariwisata lokal, Purnomo Adji (Ketua Yayasan Tamansiswa kota Malang) yang menjelaskan tentang profil Ki Hajar Dewantara dan Sekolah Tamansiswa, dan Anto Vincent (praktisi outbond) yang memandu fun game untuk peserta.

Sementara itu ketua Panitia Rudy Kurniawan (KIM Gerabah Penanggungan) menjelaskan, acara yang didukung oleh Dinas Kominfo kota Malang dan PDAM Tugu Tirta kota Malang ini berlangsung meriah, dihadiri sekitar 70an peserta, dari perwakilan puluhan kelurahan di kota Malang.

Terkait lomba video yang digelar, Eko Zainuddin (KIM Nukus) menyampaikan mewakili tim video panitia, ada 16 peserta yang mengikuti lomba dan setelah penjurian dilakukan, tim Juri memutuskan 6 pemenang, dengan rincian sebagai berikut.

  • Juara 1: KIM Giat (Gadang)
  • Juara 2: KIM Gandhang Reborn (Kedungkandang)
  • Juara 3: KIM mBois Ilakes (Blimbing)
  • Harapan 1: Adam Bintara (Kesatrian)
  • Harapan 2: KIM Samaan
  • Harapan 3: oneup.creator (KIM Sawojajar)

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai, mulai dari juaran harapan 3 sebesar Rp. 250.000, sampai Juara 1 sebesar Rp. 900.000. Hadiah telah diberikan kepada masing-masing pemenang, pada Rabu (06/09/2023) siang di Waroeng Bedjo, Jl. Terusan Cikampek kota Malang.

#kimkotamalang #forumkimkotamalang #smatamanmadya #yayasantamansiswakotamalang #kesatuanindonesiamerdeka #kominfokotamalang #kimgerabah #kimnukus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.