Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) Penanggungan Tahun 2020

Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) adalah pertemuan perwakilan semua komponen masyarakat di kelurahan, bersama dengan petugas kesehatan, untuk membahas hasil Survei Mawas Diri dan merencanakan upaya penanggulangan masalah kesehatan, lingkungan dan perilaku yang diperoleh dari hasil survei tersebut.

Musyawarah yang dilaksanakan sekali dalam satu tahun ini digelar di Aula Kelurahan Penanggungan, Selasa 17 November 2020, dihadiri Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Penanggungan Selvi Ariani yang mewakili Lurah, Kepala Puskesmas Arjuno dr. Ida Megawati dan tim, ketua LPMK, Koordinator BKM, Ketua RW dan kader kesehatan kelurahan.

Setelah dibuka oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Penanggungan, disampaikan paparan mengenai hasil SMD (Survei Mawas Diri) oleh Wahyu Setiawati yang mewakili kader kesehatan Kelurahan. Berikutnya dr. Ida berganti memberikan paparan mengenai SPM (Standart Pelayanan Minimal) dari Puskesmas Arjuno.

dr. Ida Megawati juga menekankan pentingnya masyarakat menjaga kesehatan di lingkungan masing-masing, terutama karena saat ini juga masih dalam masa pandemi. Petugas kesehatan juga berusaha selalu siap siaga membantu jika dibutuhkan. Disampaikan juga bahwa terdapat Layanan Konsultasi Online Puskesmas Arjuno, yaitu via WhatsApp, pada nomor 081334470486.

Acara yang diakhiri dengan diskusi dengan membagi peserta menjadi beberapa kelompok ini menghasilkan beberapa kesimpulan mengenai penyikapan terhadap permasalahan kesehatan yang ada di kelurahan dan merumuskan usulan program untuk diusulkan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.