Kopilaborasi Forum Pegiat Media Sosial

Malang, Jumat 23 Oktober 2020 bertempat di Savana Hotel Akasia Ballroom lt. 5 Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur melaksanakan Kopilaborasi Forum Pegiat Media Sosial dengan tema Peran KIM ( Kelompok Informasi Masyarakat) Sebagai Jurnalis Warga Untuk Mencegah Penyebaran Hoax.

Para narasumber, Eko Pamuji sekretaris PWI Jatim, Mesyiana Indrasakti, dan Rovien Aryunia, masing masing menyampaikan materi yang tak jauh berbeda tentang peran KIM. Sebagai Citizen Jurnalism kiranya KIM perlu bertindak dengan istilah “Siskamling digital” dalam mengatasi penyebaran Hoax terutama di akun-akun media sosial grup.

Pada acara yang dihadiri pegiat KIM dari seluruh Jawa Timur ini juga diadakan sesi tanya jawab antara narasumber dengan peserta. Beberapa peserta menyampaikan keluhan tentang masih kurangnya perhatian pemangku wilayah terhadap organisasi KIM, sehingga mengharapkan keterlibatan Dinas Kominfo untuk bisa mengkomunikasikan hal ini dengan pemerintah terkait.

Mengenai informasi hoax, peserta juga menginginkan adanya sangsi yang lebih tegas terhadap penyebar hoax, untuk bisa lebih membatasi atau mengurangi penyebaran informasi hoax.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.